Rubah Format Jadi PDF…cekidot..

pdfmungkin ada banyak aplikasi yang fungsinya sama, yaitu merubah format pengetikan menjadi .pdf, salah satunya adalah aplikasi Dopdf. aplikasi yang satu ini terbilang simple, gak ada ribetnya..

aplikasi “Dopdf” merupakan freeware yang digunakan untuk merubah format pengetikan (gak harus pengetikan juga sih..) menjadi format pdf, hal ini menguntungkan karena seringkali suatu perusahaan atau instansi tertentu menginginkan penyampaian laporannya berformat .pdf

Selain itu juga dengan format pdf, dirasa lebih aman karena minim untuk di-edit isi dari file tersebut (meski kalo diniatin juga bisa aja dirubah..hehee). Aplikasi Dopdf bisa di download disini.

Install seperti biasa, setelah instalasi selesai coba buka/buat file pengetikan yang mau anda rubah ke .pdf (bisa word, excel, dll). disini saya ambil contoh pengetikan di word 2007, setelah selesai kita tekan ctrl + p (seperti akan print) selanjutnya muncul bar pengetikan, rubah nama printer ke doPDF seperti gambar berikutstep 1

klik ok, lalu muncul tab baru yang menampilkan beberapa setting an seperti letak penyimpanan file pdf-nya nanti, dll. setelah sesuai, klik ok.settingTunggu sebentar, jika proses sudah selesai maka aplikasi doPDF akan memunculkan hasil dari perubahan format ke .pdf dan bisa dilihat hasilnya.hasil

yupp..kini file pdf anda siap dikirim ke orang yang membutuhkan laporan tersebut, langkah tadi juga bisa dilakukan diselain aplikasi Word dengan melalui langkah ctrl + p (seperti proses print) yang selanjutnya dirubah ke doPDF untuk nama print nya. trims udah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan comment🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s