Cloud Station..Memudahkan Backup Data File secara “awan”

Cloud Computing…kata-kata ini makin marak dan banyak diperbincangkan di dunia IT, berbagai keunggulan sudah mulai bermunculan dari mulut ke mulut. Cloud Computing atau Komputasi Awan, kedepan para user tidak perlu lagi melakukan instalasi OS, Save File, dan semacamnya pada device komputer dirumah, karena semuanya akan ditampung di “awan”. Kata awan disini saya kasih tanda petik, karena maksud dari awan ini adalah server besar yang sanggup mengcoverage seluruh pengguna komputer di dunia.

Sedikit penjelasan tentang Cloud Computing, di artikel ini sebenarnya yang akan saya bahas adalah beberapa device komputer yang menggunakan sistem menyerupai Cloud Computing, yaitu HDD External dengan sistem Cloud Station. Salah satu produk yang saya coba bahas adalah Brand Buffalo, dengan koneksi menggunakan Kabel LAN/RJ-45 dan terhubung pada jaringan ADSL Router/Wifi.

Cloud Station dapat menyimpan data dengan berbasis cloud/ awan, cukup efisien terutama untuk pengguna smart phone maupun tablet pc yang pasti memiliki batas maksimal pada penyimpanan data (tergantung memory yang terpasang). Akses bisa melalui segala browser kesayangan anda seperti Firefox, Internet Explore, Google Chrome, dll. bisa gunakan Freeware Pogoplug (..search di Om Google ada) untuk tablet dan smartphone anda, untuk mempermudah jalur akses dengan Cloud Station.

Tidak ada lagi batasan ruang dan waktu. Selama ada koneksi internet pada smart phone atau tablet PC tersebut, anda bisa mengambil file yang tersimpan di HDD cloud station yang telah terhubung internet di rumah, kantor atau dimanapun anda meletakkan (tanpa menggunakan PC). Tidak hanya mengambil (download) file, anda juga bisa mengupload video ataupun foto yang telah anda rekam atau abadikan dengan smartphone anda ke HDD  Cloud Station.

Basickly Cloud Station ini bekerja layaknya server, hanya saja dia berupa storage (penyimpanan data). Cara instalasi dan proses penggunaannya pun lebih mudah dari pada server (jelas saja, karena memang Cloud Station ditujukan untuk home user..hehee).

Proses instalasi  dapat dilakukan dalam waktu + 60 detik. Ikuti easy setup instruction dari Software bawaannya. Tidak perlu khawatir dengan data penting anda, karena account anda telah di proteksi dengan password yang bisa di setting pada produk Cloud Station.

Beberapa keunggulan dari HDD Cloud Station yaitu :

  • bisa diakses kapanpun dan dimanapun
  • dapat terhubung pada Android, iOS, All Windows, dan Mac OS
  • memiliki auto management file yang rapi
  • auto convert format video agar bisa dijalankan pada gadget/ smartphone anda
  • BitTorrent Downloader ready
  • Encryption File (Password Keamanan)

Tadi adalah sedikit penjelasan tentang Cloud Station, semoga cukup membantu dan silahkan mampir di artikel saya yang lainnya..

Pertanyaan, saran, dan tambahan silahkan tinggalkan di kolom comment..matur tengkyu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s