GSM di Luar Negeri

cover gsmyaa..meski judulnya bikin saya minder (..Luar kota aja udah alhamdulillah🙂 ), di artikel ini saya coba jelaskan tentang penggunaan Modem External (GSM) yang rencananya pingin bisa dipake di luar negeri. Pasti sudah tau dehh, apa itu GSM. adalah Global System Mobile standarisasi yang dikembangkan oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI).

Jaringan GSM beroperasi di beberapa bagian sumber frekuensi berbeda (dipisahkan pada bagian : frekuensi GSM untuk 2G dan UMTS frekuensinya untuk 3G), dengan sebagian besar jaringan GSM 2G yang beroperasi di 900 MHz atau 1800 MHz band.

Beberapa saat lalu, ada yang tanya ke saya tentang GSM. dia ada rencana mau beli Modem GSM, tapi yang dia pertanyakan adalah apa ini modem bisa dipake buat di luar negeri. dan dengan tegas (..meski perut lagi kroncongan) saya berikan jawaban bahwa modem GSM tersebut bisa..hebat kan??! tapi saya bukan peramal GSM (..umumnya Peramal Ujan Dit..!!).

berdasarkan apa saya memberi jawaban tersebut? yupp..saya bukan type orang yang asal bicara (..kecuali kalo waktu kumpul2 arisan :p). Seperti pembahasan saya diatas, bahwa GSM memiliki 2 sumber frekuensi yang dipancarkan dan nantinya bisa diterima oleh Provider tertentu. Saya memiliki beberapa tabel yang bisa dijadikan panduan tentang frekuensi yang dominan tersedia pada beberapa negara.

Sedikit pengetahuan tentang GSM, frekuensi, dan jangkauan lokasinya, semoga bermanfaat. Silahkan mampir di artikel saya yang lainnya, matur tengkyu🙂

Tinggalkan Balasan

