Tentang HDMI…HDMI..dan HDMI..

HDMI singkatan dari High-Definition Multimedia Interface, yang berfungsi mentransfer data audio dan video secara digital pada layar display. Umumnya ditampilankan di layar dengan kualitas HD atau High-Definition.

HDMI memiliki keunggulan daripada kabel Component / RCA, kualitas tinggi audio dan video pada hasil konversinya, serta HDMI lebih praktis karena hanya pakai satu port sedang kabel Component membutuhkan tiga port untuk penggunaannya.

Beberapa versi kabel pada HDMI, yaitu :

  • HDMI 1.0         : dipasarkan pada Desember 2002, dengan bit rate maksimum 4.9Gbps. Dapat melakukan pemutaran video up to 165 Mp/sec .
  • HDMI 1.1          : Dibulan Mei 2004, feature sama hanya menambahkan sistem perlindungan pada Audio DVD.
  • HDMI 1.2         : Muncul sekitar Agustus 2005
  • HDMI 1.3         : Pada 22 Juni 2006, kualitas resolusi gambar sangat bagus karena bandwith yang digunakan lebih tinggi.
  • HDMI 1.3a       : 10 November 2006, arsitektur sama dengan versi 1.3 hanya sedikit upgrade pada kualitas suara(audio).

HDMI 1.3a mendukung output audio Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio, dimana keduanya adalah format codec audio DVD HD dan Blu-ray Disc. Dengan menggunakan kabel HDMI versi ini, rasakan sensasi audio yang sangat bersih dari koleksi DVD HD dan Blu-ray Disc anda.

Kabel HDMI juga ada beberapa jenis/bentuk, tergantung hardware atau gadget yang diterapkan. Untuk HDMI Micro seringnya hadir pada Handycam HD dan Smartphone, sedangkan HDMI Mini biasanya ada pada Tablet PC dan beberapa gadget portable lain.

Dengan semakin majunya tekhnologi, kini telah muncul film berkualitas 3D. Perusahaan-perusahaan ternama dari LCD kini telah memproduksi dan memasarkan type TV LCD yang support 3D. Untuk mengejar hal ini, HDMI versi 1.4 lahir dengan mendukung gambar berkualitas 3D. Pada seri ini juga mendukung “extremely high HD resolutions”, dimana berfungsi untuk menampilkan film beresolusi sama seperti yang ditampilkan dan anda nikmati pada Bioskop Cinema.

Resolusi 4K x 2K yang dihadirkan oleh HDMI 1.4, secara real menghasilkan 4x pixel sempurna daripada perangkat 1080p yang ada sekarang. Warna yang muncul sangat akurat, karena sudah mendukung sYCC601, Adobe RGB, dan Adobe YCC601 saat melihat foto pada Televisi Digital.

Kelebihan lain dari HDMI versi 1.4 adalah adanya saluran Ethernet yang memungkinkan untuk melakukan proses kirim dan terima data dengan kecepatan Ethernet (+ 100Mbps), jadi tidak perlu lagi kabel LAN/Ethernet secara terpisah.

Sedikit Tips dalam memilih kabel HDMI :

  1. Brand ; pastikan bahwa brand/merk dari kabel tersebut sudah lama menggeluti dunia digital video dan audio🙂 examp: Monster, Lexcron, Powersync,dll
  2. Bahan ; semakin tebal dan padat bahan yang dipakai, makin sipp kualitas yang akan dihasilkan
  3. Versi ; liat aja diatas tadi, sudah saya jabarin..hehee
  4. Fungsi ; konfirm penggunaannya, jika hanya untuk sekedar tampilan bagus disarankan ambil versi 1.3. Tapi jika anda akan menggunakan secara maksimal dan 3D, pilih yang versi 1.4

oke..tadi sedikit pencerahan tentang HDMI yang mungkin beberapa dari anda bingung karena banyaknya pilihan yang ada di pasaran. Silahkan mampir di artikel yang lain dan tinggalkan comment. Thx.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s