Trouble JVM Pada Blackberry

Logo Blackberry BBBlackberry sepertinya masih musim di negeri tercinta ini, terbukti dengan semakin banyaknya provider-provider lokal yang memberikan promosi pada paketan Blackberry. Smartphone ini memang menjadi trendsetter, meskipun hasil data secara global masih berada dibawah Android OS.

Sekedar berbagi pengalaman..beberapa hari lalu aku ada case dimana tiba-tiba Blackberry punya saudara nge-blank putih dan muncul tulisan kecil di tengahnya “JVM error 102“. Kenapa error ini muncul..?? bagaimana cara mengatasinya..??? OK…coba kita bahas disini satu persatu.

error jvmkita tau bahwa Blackberry ataupun Smartphone lainnya memiliki keunggulan pada sistem multitask-nya yang mempermudah kinerja kita. Tapi hal ini yang menyebabkan si smartphone harus bekerja ekstra dalam menjalankan sistem multi tadi.

Finally..akan ada beberapa aplikasi yang bentrok/ crash dengan aplikasi lainnya, naah..hal ini yang seringnya menyebabkan munculnya error JVM 102. Kadang karena induk dari suatu aplikasi mengalami trouble pada saat melakukan update.

Ada sedikit trik sederhana buat teman-teman Paddyholic (..aku buat nickname untuk pembaca artikel ini :p) disaat error ini terjadi. Langkah pertama yang harus paddyholic punya adalah software Blackberry Desktop Software, silahkan search di Google (saya sendiri menggunakan BDS versi 6). Lakukan instalasi seperti biasa, dan tancapkan Blackberry anda melalui USB Cable Data yang biasanya terdapat pada paket pembeliannya.

BB1

Langkah selanjutnya adalah, silahkan pilih Application Loader yang bertujuan untuk men-downgrade aplikasi/ OS dari Blackberry yang mengalami trouble. Jangan lupa untuk menghubungkan PC/ Notebook yang anda gunakan pada jaringan internet.

BB2

Klik tombol “mulai” pada kolom Perbarui Perangkat Lunak, selanjutnya biarkan proses berjalan..jika muncul error pada pertengahan proses, abaikan saja karena sewajarnya muncul seperti itu mengingat ada beberapa aplikasi dari Blackberry yang memang trouble. Selanjutnya akan ada konfirmasi bahwa tidak terdapat update terbaru untuk Blackberry, anda hanya tinggal pilih View other versions. Kemudian pilih Firmware yang tersedia pada Available Version dan klik Install.

BB3

setelah proses ini selesai, otomatis Blackberry yang tertancap pada USB akan melakukan restart/ reboot secara otomatis. Mungkin proses restart akan lama karena mereload ulang semua aplikasi dan mungkin OS nya. Setelah Blackberry menyala, jika langkah yang dilakukan telah benar, maka Blackberry akan menyala kembali dengan normal. Hasil dari proses ini tidak selalu sama, tergantung kerusakan apa yang telah terjadi. Ada yang bisa kembali seperti settingan terakhir sebelum mengalami error, ataupun kembali seperti ke awal pemakaian/ Blackberry aktif.

Sedikit berbagi pengalaman tentang kendala blackberry pada artikel ini, silahkan mampir di artikelku yang lainnya. Trims🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s